Pati Expo 2019, Ajang Pembuktian Kualitas Produk Lokal

img
PatiNews.Com – Kota, Bupati Pati Haryanto hari ini membuka Kegiatan Pati Expo 2019 di Stadion Joyokusumo. Minggu, 04 Agustus 2019.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Bupati Pati, Forkompimda, Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Pati, Sekretaris Daerah Kabupaten Pati, Staf Ahli dan Asisten Sekda Kabupaten Pati, Kepala OPD, Camat, Kabag Setda Kabupaten Pati, dan para peserta expo.

Acara ini merupakan rangkaian kegiatan peringatan HUT
Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia dan Hari Jadi ke-696 Kabupaten Pati sekaligus untuk memperingati Hari Koperasi ke-72.

Bupati Pati Haryanto dalam sambutannya menyampaikan bahwa expo ini merupakan wadah bagi para pelaku UMKM maupun pegiat wisata agar tidak hanya melakukan promosi seperti pada umumnya, namun juga menggelar aksi seperti expo ini.

“Dengan adanya kegiatan ini, potensi lokal tidak hanya dikenal oleh masyarakat saja, namun juga kita bisa menunjukkan bahwa produk – produk lokal kita tidak kalah dengan produk pabrikan”, ujar Bupati.

Selain itu, lanjut Bupati, juga menunjukkan kepada masyarakat bahwa Kabupaten Pati telah membina para pelaku UMKM maupun pelaku wisata alam, kuliner dan religi yang ada. Bahkan ada juga yang sampai saat ini belum terakomodir lantaran meningkatnya antusiasme masyarakat.

“Apabila ada kekurangan, mudah – mudahan dapat kita benahi di pelaksanaan kegiatan yang akan datang maupun di masa mendatang. Sebab, dari dulu memang kita ingin maksimal, namun selama ini memang terbentur keterbatasan”, tegasnya.

Bupati menambahkan pula bahwa kegiatan ini bukan hanya sekedar seremoni saja, namun ini sebagai wujud dan bukti kualitas produk lokal tidak kalah dengan produk – produk di luar daerah.

Sementara itu dalam laporanya Plt Dinas Koperasi Edi Sulistiyono menyampaikan bahwa Pati Expo 2019 dilaksanakan mulai tanggal 4-10 Agustus 2019, yang terbagi atas empat kegiatan yaitu, Pati Tourism Expo oleh Dinas Pemuda, Olah Raga dan Pariwisata.

“Adapun bentuk kegiatannya ialah, Pameran Produk UMKM, Pameran Produk Unggulan Khas Kab. Pati, Pameran Inovasi Produk, Promosi Wisata Unggulan meliputi Wisata Alam, Agrowisata, Wisata Religi dan Kuliner. Serta ada juga sosialisasi Program Unggulan di masing-masing OPD, Dinas Vertikal dan Kantor Pelayanan Kesehatan dan Komunikasi”, imbuhnya.

Yang menarik dari kegiatan ini, menurut Edy, akan ada acara Makan Bersama Produk Olahan Pangan Lokal, Lomba Inovasi Olahan Pangan Lokal, Bazar Produk Olahan Pangan Lokal serta Jalan Sehat.

“Tujuan digelarnya kegiatan ini diantaranya ialah pengenalan usaha dan produk UMKM, membuka peluang membangun kerja sama bisnis, memajukan dan meningkatkan kualitas, manusia, produk dan kemampuan dalam pemenuhan permintaan pasar, dan membangkitkan tercapainya pertumbuhan ekonomi kerakyatan”, jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, kegiatan ini pun dimaksudkan untuk meningkatkan apresiasi seni dan kreatifitas karya seni, mengembangkan potensi daerah sebagai daya tarik daerah serta untuk memperkenalkan produk Pati di kancah nasional”, paparnya.

Peserta yang berkontribusi dalam kegiatan ini antara lain Pelaku UMKM Kabupaten Pati, Pengrajin Industri Ekonomi Kreatif, Pelaku Usaha Pariwisata, Para Kreator Olahan Pangan Lokal, OPD, BUMN, BUMD terkait, dan stakeholder yang fokus pada pengembangan UMKM, Dinas Pariwisata se-Pakudjembara.

Acara pembukaan Pati Expo menjadi semakin lengkap dengan penyerahan bantuan kepada beberapa anak yatim. (pn/ dok Humas).
12
balas

Ghani

29 Nov 2019 09:55:26 Bagus